Naskah Drama " Emas Disangka Loyang"

7:31 AM Add Comment


Di pagi buta, keadaan di SMA Bhakti Mulya sudah ramai dengan siswa-siswinya. SMA ini merupakan satu-satunya sekolah SMA yang berdiri di desa Tabunan yang lokasinya jauh dari perkotaan. Salah satu siswanya bernama Nafisah yang dikenal pandai tetapi sering berperilaku aneh.
Teng teng teng ..!!
Nafisah pun masuk ke dalam kelas dan duduk  di tempatnya. Lalu ada seorang guru yang menghampirinya.

Cerpen Remaja : Romansa Masa SMA

9:31 PM Add Comment

Cerpen oleh Laili Zakiyyatus

Aku melihat jam tangan yang melingkar di tanganku. Saat ku lihat jam menunjukkan pukul 08.30. Dimana gerbang sekolah ditutup 30 menit yang lalu. Sayangnya aku tak terkejut, sebab aku sudah terbiasa dengan keterlambatanku. Aku selalu punya cara agar dapat memasuki area sekolah. Ya! Salah satu cara adalah melompat pagar belakang sekolah.
Namun sial! Kenapa guru baru itu melihat ku terlambat.

"Pantaskah seorang siswi melompat pagar dengan rok sependek itu, Rachel!?"
"Kenapa bapak mencampuri urusanku?"
"Seorang siswi melompat pagar dengan rok sependek itu tentu menjadi urusan saya. Apa kau lupa apa jabatan saya disini Rachel?"
"Bapak adalah seorang guru dibidang Bimbingan Konseling bukan?"
"Jika kau tahu, mengapa kau tanyakan apa urusan saya terhadapmu.  Bukankah ini menjadi urusan saya, Rachel? Sekarang ikut saya ke BK!"
Ck. Dasar guru baru menyebalkan. (bicara dengan lirih)
"Apa yang baru saja kamu katakan?"
"Tidak ada.  Bapak sangat tampan."

Naskah Drama : Orang Miskin Baru

8:05 PM Add Comment




Disusun Oleh :
Annisa Sabilla D        (03)
Aulia Mega P             (04)
Nadya Ajeng R          (20)
Nibrasul Adil             (21) 
Yuko Aliefandi S. H  (35)


Pagi ini tak seperti pagi biasanya Charoline meminta uang kepada Daddy-nya dengan alasan mau ke mall bersama Mommy-nya.
Charoline         : Daddy minta uang buat belanja.
Pak Subroto    : Pergi kemana lagi sih?
Charoline         : Ya mau pergi ke mall, ya ke tempat lainnya. Sudah jangan banyak tanya,  kasih aja uangnya.
Bu Margaret    : Udah Dad kasih aja uangnya.
Pak Subroto    : Kamu ini gak ada bedanya sama Mommy mu.
Charoline         : Kan aku anaknya Mommy jadi ya gak beda jauh lah, udah Dad jangan pelit-pelit lah jadi orang kan aku anakmu sendiri.
Pak Subroto    : Yaudah ini uangnya, sudah sana belanja jangan banyak omong.
Pak Subroto akhirnya pergi ke kantor,  dan Charoline pergi ke mall bersama Mommy-nya.
Charoline         : Mom, Daddy itu loh pelit banget sih sama aku, apa Daddy udah gak sayang lagi sama aku?
Bu Margaret    : Ya emang gitu Daddymu makin lama makin perhitungan sama kita gak kayak dulu lagi.
Charoline         : Yaudah lah Mom kita belanja daripada mikirin Daddy yang perhitungan.
Bu Margaret    : Yaudah beli semua yang kamu pengen.

Cerpen Tema Persahabatan : Sahabat Matematika

12:51 PM 1 Comment



Cerpen oleh M. Sandi Fahreza

Di suatu SMA di Bandung, terdapat seorang siswa bernama Andri. Ia terkenal dengan julukan “master matematika”. Julukan tersebut ia dapatkan karena ia memang sangat mahir di mata pelajaran matematika. Ia sering mengikuti olimpiade olimpiade matematika. Andri duduk di kelas 11 dan ia memiliki seorang sahabat bernama Bagus. Bagus juga duduk di kelas 11. Namun, ia tidak berada di satu kelas yang sama dengan Andri. Bagus adalah seorang yang pandai matematika juga. Namun, kepandaiannya tidak terlalu tersohor ke seluruh sekolah.

Andri dan Bagus hampir setiap hari selalu pulang bersama. Hingga pada suatu hari sepulang sekolah, Bagus menjemput Andri dikelasnya. Namun ternyata, pada hari itu Andri tidak bisa pulang bersama karena ia harus datang ke pembinaan matematika untuk OSN. Akhirnya, Bagus harus pulang sendiri. Di tengah jalan, Bagus berpikir “kapan aku bisa ikut lomba seperti Andri ya. Mungkin di lain kesempatan lah aku harus mencoba ikut lomba”. Bagus memang tidak pernah terpilih mewakili sekolahnya untuk mengikuti lomba matematika tak seperti Andri yang selalu berangkat mewakili sekolahnya untuk lomba dimanapun itu. Tak jarang juga, Bagus merasa iri dengan Andri yang selalu berangkat lomba dan bisa membanggakan nama sekolahnya.

Cerpen Remaja : Curahan Sang Penguasa Hati

9:24 PM 1 Comment
https://artikel-pendidikan-sosial-ilmiah.blogspot.com

Cerpen oleh Novi Eka Putri

Cinta bukanlah namanya cinta, jika datangnya tidak disangka. Bergerak perlahan seperti angin, namun dapat menerjang layaknya sang ombak. Seperti bunga mawar yang dipenuhi dengan keindahan duri tajam disekelilingnya, seakan – akan dapat membahayakan siapa saja yang ingin mendekatinya. Imajinasi yang tak kalah hebat dari sekedar mencintai dan dicintai adalah seperti sebuah raga tanpa jiwa yang di dalamnya dipenuhi dengan rasa kesakitan yang teramat sangat. Aku adalah seorang gadis yang membanggakan diri akan sebuah rasa. Mengakui telah menyimpan terlalu banyak perasaan cinta yang begitu dalam. Hingga pada akhirnya aku tersadar bahwa kenyataannya dirimu tidak pernah terjamah olehku.

Tugas Bahasa Indonesia : Mengevaluasi Kebahasaan Teks

10:41 AM 2 Comments



Berikut ini adalah contoh teks yang salah dalam penulisan, keefektifan kalimat, dan penggunaan tanda baca. Tugas kalian adalah mengevaluasi dan menganalisis kesalahan-kesalahan yang ada pada paragraf berikut. Hasil analisis tersebut silakan dikirim di kolom komentar. Selamat Mengerjakan!
 ............................................

Contoh Kajian Pustaka Sesuai Pedoman

9:39 AM Add Comment


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

Pada bab ini dibahas mengenai (1) penelitian dan pengembangan, (2) media pembelajaran, (3) Pembelajaran menulis puisi dengan media tayangan acara televisi.

2.1  Penelitian dan Pengembangan
Sukmadinata (2005:164) menyebutkan arti dari penelitian dan pengembangan adalah suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran khususnya, penelitian dan pengembangan memfokuskan kajiannya pada bidang desain atau rancangan, berupa model desain dan desain bahan ajar produk misalnya media (Setyosari dan Widijoto, 2007:38)

Cara Menyusun Latar Belakang Skripsi

11:09 AM Add Comment

BAB I
PENDAHULUAN

Pada bab ini dibahas mengenai (1) latar belakang masalah, (2) tujuan penelitian dan pengembangan, (3) spesifikasi produk yang diharapkan, (4) pentingnya penelitian dan pengembangan, (5) asumsi dan keterbatasan penelitian dan pengembangan, (6) definisi operasional

Kumpulan Cerpen Terbaru : Renung Diri

6:34 PM Add Comment
arti kehidupan

Cerpen Singkat dan Menarik - Waktu memang sangat cepat berlalu.  Mengapa aku berkata seperti itu? Parameternya sederhana sekali, aku bahkan tak pernah menyadari bahwa sudah tumbuh uban di rambut dan jenggotku, dan rasanya baru kemarin pula aku menanam pohon kecil pemberian dari kakekku sewaktu aku kecil dulu. Namun pohon jambu bol ini sekarang sudah menjulang begitu tinggi, lebih tinggi dari rumah anggota DPR  yang jarang menyapa di seberang jalan sana. 100 tahun usia pohon ini kalau aku tidak salah menyebut. Pohon ini mengundangku agar hadir di ultahnya yang menginjak 1 abad itu. “ Gun, kau bilang kau tak akan ada di sini saat usiamu masih 60 dahulu”. Ya, memang aku pernah berkata demikian kepada pohon ini.  Aku menjawab pelan “Entahlah, aku juga tidak mengerti mengapa aku bisa berada di sini’’.  Pohon jambu bol itu hanya merengut saja tanda tak paham perkataanku barusan. “ Tidak ada yang istimewa dari menjadi tua, aku tidak datang untuk mengucapkan selamat kepadamu wahai pohon jambu. Karena hanya dengan tidur-tiduran saja, setiap orang juga pasti akan menjadi  tua dengan atau tanpa disadari”. Rupanya perkataanku membuat daun telinga pohon jambu bol itu berdiri.” Seenaknya sendiri saja kau  bilang seperti itu, Gun! Apa yang kulakukan selama 100 tahun ini tidak semudah seperti  apa yang kau katakan! Apanya yang hanya tidur-tiduran? “

Makalah Ilmiah : Membaca Dalam Hati

5:18 PM 2 Comments

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah luput dan terpisah dari informasi. Informasi yang dibutuhkan setiap manusia tersebut beragam jenisnya, bisa dari media cetak maupun media elektronik. Tidak dapat dipungkiri bahwa keterampilan kebahasaan seseorang mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam proses komunikasinya. Semakin terampil seseorang berbahasa maka semakin jelas pula jalan pikirannya. Tampubolon (1987:5) menjelaskan bahwa dengan berbahasa memungkinkan tersimpan dan terpeliharanya unsur-unsur penting kebudayaan yang berupa ide-ide atau pikiran-pikiran dalam suatu masyarakat. Walaupun bahasa yang dimaksud dalam hal ini adalah juga termasuk bahasa lisan, tetapi yang terutama adalah bahasa tulisan. Dikatakan demikian karena berbeda dengan bahasa lisan yang unsur-unsurnya selalu berubah dan sering banyak yang dilupakan oleh pemakainya, bahasa tulisan dapat tahan lama, terlebih dengan adanya sistem arsip dan perpustakaan. Dalam bahasa tulis tersimpan ide-ide atau pikiran-pikiran yang merupakan bagian penting dari kebudayaan bangsa atau masyarakat.