Cerita Dongeng Anak : Analisis dan Manfaat Dongeng

10:00 PM


Cerita Dongeng Anak

 Dongeng Mempunyai Manfaat Besar Terhadap Perkembangan Mental Anak

 Dongeng dan Anak

Dongeng. Sebuah kata yang berasosiasi dengan dunia anak-anak. Ketika kita kecil dahulu tentu saja bacaan satu ini sudah dikenalkan oleh keluarga kita. Dongeng umumnya digunakan oleh para orang tua sebagai pengantar tidur buah hatinya. Si Kancil, Bawang Putih dan Bawang Merah, Sangkuriang, Malin Kundang adalah dongeng-dongeng yang umum kita kenal.  Cerita dongeng selalu mewarnai dunia anak manapun di dunia ini.   
    
Dongeng merupakan sebuah cerita rakyat yang diceritakan turun temurun tanpa ada yang mengetahui siapa pengarang yang pasti dari cerita-cerita tersebut. Cerita dalam dongeng yang selama ini kita tahu biasanya bersifat imajinatif dan edukatif. Karena dalam setiap cerita yang disampaikan banyak mengandung sesuatu yang irasional.

Manfaat Dongeng Bagi Anak 


Banyak peristiwa dalam dongeng yang tidak dapat diterima akal sehat namun dibalik itu cerita dalam dongeng selalu memuat hal-hal yang dapat mendidik anak-anak agar dapat membedakan mana hal yang baik dan pantas dilakukan maupun hal yang tidak baik untuk dilakukan karena dengan cerita yang disampaikan orang tua, setiap anak lebih tertarik untuk mendengarkan serta menirukan tokoh yang ada dalam cerita yang mereka dengar daripada mendengar langsung nasehat orang tua. Tergantung bagaimana cara orang tua menceritakan kepada anak-anaknya. Dalam kaitannya dengan perkembangan anak dongeng dapat dikatakan memegang peranan penting. Dongeng dapat menumbuhkembangkan daya imajinasi dan minat baca seorang anak.

Bahasa yang digunakan dalam cerita dongeng menggunakan bahasa yang sedarhana dengan tujuan agar anak-anak mudah memahami jalan cerita yang disampaikan. Dongeng pada umumnya bersifat istanasentris karena dipengaruhi oleh sistem kerajaan yang terjadi pada masa lampau. Alur cerita dalam dongeng dibuat sesederhana dan seringan mungkin. Dongeng biasaanya berhubungan erat dengan geografis suatu wilayah. Dongeng yang ada di daerah sunda tentu saja berbeda dengan dongeng yang ada di Jawa Timur atau daerah yang lain sehingga dongeng yang diceritakan oleh orang sunda belum tentu langsung dapat dimengerti oleh orang jawa timur.

 Untuk kalangan mahasiswa dongeng hanya digunakan sebagai media analisis bukan sebagai bacaan pokok. Karena minat terhadap suatu karya sastra itu selalu relatif, apalagi jika dikaitkan dengan tingkat kemahiran berbahasa sehingga untuk kalangan mahasiswa yang diasumsikan memiliki kemahiran berbahasa tingkat lanjut dongeng tidak cocok dijadikan sebagai bacaan pokok.
Previous
Next Post »

2 comments

  1. bisa dijadikan refesensi ni kalau ada orang yang nanya apa sih manfaat dongeng..

    ReplyDelete
  2. ternyata dongeng juga banyak manfaatnya

    ReplyDelete