Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran

3:36 PM

http://artikel-pendidikan-sosial-ilmiah.blogspot.co.id/
Cara Mengimplementasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran

Dunia pendidikan di Indonesia sering mengalami pasang surut dalam perjalanannya. Sering sekali kita mendengar kabar kalau pelajar-pelajar Indonesia berprestasi dalam ajang Olimpiade Internasional. Akan tetapi, tidak jarang pula kita melihat generasi pelajar kita terjerumus pada hal-hal negatif; tawuran, penyalahgunaan narkoba, hingga seks bebas. Hal tersebut merupakan hal yang secara seksama tidak kita inginkan. Apalagi, sebagai guru atau pengajar, kita dituntut memberikan sesuatu yang baik pada pelajar. Lantas, bagaimana cara kita mendidik pelajar kita agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif?

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter?

Karakter adalah tabiat; sifat-sifat kejiwaan,akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain (KBBI). Karakter dalam hal ini merupakan sifat yang dimunculkan oleh seorang murid atau pelajar sehingga murid tersebut tampak berbeda dari murid yang lain. Dari keterangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter adalah suatu upaya yang dilakukan untuk membentuk pola pikir, kejiwaan, dan budi pekerti menjadi selaras dengan visi dan misi suatu instansi atau lembaga pendidikan. Pendidikan karakter dilaksanakan oleh suatu lembaga pendidikan atau instansi tertentu dengan memperhatikan asumsi dasar bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Dalam menanamkan karakter yang ideal dalam diri setiap orang, terdapat tiga metode yang digunakan:

  • Pendidikan Karakter Adaptif,

  • Pendidikan Karakter Persuasif,

  • Pendidikan Karakter Represif.
Ketiga metode dalam mendidik karakter tersebut mempunyai kekhususan tersendiri sehingga akan berbeda penggunaannya pada setiap  kelompok orang. Idealnya, dalam menanamkan pendidikan karakter yang efektif dan efisien adalah ketika masa pertumbuhan. Pada masa tersebut, otak manusia memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menyerap rangsangan dari luar. Oleh karena itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan yang besar dalam mengembangkan karakter anak. Silakan baca selengkapnya Memaksimalkan Potensi PAUD di Indonesia untuk mengetahui betapa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini.

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran

Pembelajaran yang ada di sekolah pada umumnya dilaksanakan dengan tujuan agar setiap murid memiliki kompetensi yang memadai pada bidang yang diajarkan. Namun, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, pencapaian kompetensi dalam setiap bidang ilmu tidaklah lagi cukup. Perkembangan iptek memang memberi angin segar dalam dunia pendidikan. Tetapi, penggunaan yang tidak tepat guna tentu akan memberi dampak negatif seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk itu, diperlukan suatu formula khusus untuk menanggulangi dampak negatif tersebut. Hal tersebut wajib dilakukan oleh setiap pendidik atau guru untuk menunjang terwujudnya tujuan pendidikan nasional, yaitu menciptakan generasi yang berakhlak mulia, kritis, bertanggung jawab, dan jujur. Pendidik atau guru dapat mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran dengan berbagai macam cara.

  • Memodifikasi RPP yang memuat pendidikan karakter

  • Mencontohkan melalui media teks mengenai pendidikan karakter

  • Mencontohkan melalui media audio visual mengenai pendidikan karakter

  • Mengadakan ujian mengenai pendidikan karakter
Cara-cara dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dapat diunduh melalui link di bawah ini

Link Download teks yang memuat  pendidikan karakter Di Sini
Link Download video yang memuat pendidikan karakter Di Sini
Link Download pedoman penskoran pendidikan karakter Di Sini

Cukup sekian penjelasan mengenai pendidikan karakter dan implementasinya. Semoga bermanfaat!









Previous
Next Post »

3 comments

  1. saat ini yang terpenting emang pendidikan karakter gan, percuma kalo pinter tapi gak punya etika.

    ReplyDelete
  2. keren gan, sebagai pegiat pendidikan, pendidikan karakter itu memang pondasi.

    ReplyDelete
  3. memang perlu nih
    karena bisa dibilang akhlak para pelajar sekarang berada di ambang kehancuran

    ReplyDelete