Retorika : Pengertian dan Sejarah Perkembangannya

11:40 AM
http://artikel-pendidikan-sosial-ilmiah.blogspot.co.id/

Pengertian Retorika

Retorika sering dimaknai sebagai sebuah istilah yang berkaitan dengan teknik utilitas bahasa seorang pembicara. Teknik utilitas bahasa dianggap sebagai sebuah seni yang didasarkan pada ide dasar dan pengetahuan yang sistematis. Seorang dinilai sebagai  peretorika yang handal andaikata menguasai dua aspek yang paling penting, yaitu knowledge of language (pengetahuan tentang bahasa) dan knowledge of object (pengetahuan mengenai objek yang akan dibicarakan).  Penting bagi seorang pembicara untuk menguasai kedua hal tersebut karena apabila pembicara menguasai kedua hal tersebut, pendengar mampu menyerap pesan pembicara dengan baik sekaligus menikmati penyampaian dari pembicara. Berdasarkan hal tersebut, dapat diasumsikan bahwa retorika harus dikuasai oleh orang yang ingin menggunakan bahasa dengan cara yang baik dan benar untuk tujuan tertentu. Dengan besarnya tuntutan terhadap pembicara untuk menguasai retorika, maka kini mudah dijumpai institusi yang berfokus pada pengembangan retorika sekaligus sebagai wadah praktik bagi para praktisi dalam bidang ini.

  

Sejarah Perkembangan Retorika

Retorika dijadikan sebagai suatu studi yang memiliki peranan penting bagi dunia, khususnya Eropa yang terlebih dahulu mengenal retorika terpengaruh oleh perkembangan retorika sejak zaman pra masehi hingga abad ke-18 atau zaman Aufklarung. Sesudah abad ke-18, retorika tidak memiliki peranan sepenting sebelumnya dalam perkembangan Eropa.
Sejarah perkembangan retorika pertama kali ada pada zaman Yunani kuno. Masyarakat pada saat itu, membiasakan diri untuk bertutur bahasa dengan baik dan benar guna mengambil hati para petinggi di Yunani. Mengingat bahwa Yunani pada masa itu masih berstatus sebagai sebuah kerajaan, raja berhak menghukum siapapun dan tanpa diadili. Oleh karena itu, masyarakat Yunani menggunakan retorika untuk menghindari hal semacam itu. Lain lagi untuk seorang pejabat tinggi di Yunani kuno, mereka menggunakan pemakaian bahasa yang terstruktur guna memuluskan niat mereka untuk memperoleh sesuatu. Kejadian tersebut dapat dikatakan sebagai awal mula retorika digunakan dalam bidang politik.

Did You Know?
Pada awal perkembangannya, masyarakat Yunani kuno menyamakan retorika sebagai oratori atau seni berpidato.


Setelah ditemukannya mesin cetak dan mesin uap, Eropa mengalami sebuah fase baru. Revolusi industri mulai menggeliat di berbagai negara Eropa. Akibat tuntutan zaman, manusia mencari cara untuk berkembang sebagai bentuk realisasi diri. Di sisi lain, peranan retorika semakin tergerus oleh media cetak berupa koran atau suratkabar. Pada masa inilah, retorika mengalami sebuah masa suram dengan tergantinya retorika yang mengedepankan penyampaian secara lisan dengan media cetak yang berupa tulisan. Terlebih lagi, retorika tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang efektif karena melalui media cetak atau tulis, gagasan atau pesan dapat disampaikan secara lebih luas dan tersebar dalam waktu yang singkat. Sejak saat itu, terjadi pergeseran anggapan bahwa pada masa itu  lebih ditekankan pada kemampuan  untuk menyampaikan pesan dalam bentuk ragam tulis dengan pertimbangan dapat mempengaruhi persepsi lebih banyak orang.
Previous
Next Post »

6 comments

  1. wah awal masuk blog agan ane gak tau apa itu retorika, sekarang ane paham, informasi yang bermanfaat gan Terimakasih ya

    ReplyDelete
  2. retrorika...klu menurut ane membawakan sesuatu...tp ternyata seni berpidato...makasih infonya gan...

    ReplyDelete
  3. Wahh baru tahu saya retorika, makasih udh ngejelasin dengan jelas, kayaknya retorika itu cocok untuk orang yg belajar jdi MC

    ReplyDelete
  4. kayak materi LK 1 waktu ane jd mahasiswa

    ReplyDelete
  5. jadi paham nih sama istilah retorika

    ReplyDelete