Cara dan Tujuan Apresiasi Prosa Fiksi

11:56 PM
cara apresiasi prosa fiksi

UNTUK APA MENGAPRESIASI PROSA FIKSI?

1. Memperoleh pengalaman imajinatif dengan lebih kaya                                                     
Maksud dari memperoleh pengalaman imajinatif dengan lebih kaya adalah, seorang pembaca prosa fiksi dalam membaca atau mengapresiasi suatu karya berupa prosa fiksi dapat memperoleh imajinasi yang lebih kaya. Pembaca seakan dibawa oleh suasana nyata akan penggambaran cerita dalam sebuah karya prosa fiksi yang dibacanya. Yang dilakukan pembaca adalah berimajinasi atau berangan-angan seolah dia terlibat ataupun mengetahui kejadiaan-kejadi an yang adadalam cerita fiksi yang dibacanya.
Imajinasi sangatlah penting dalam mengapresiasi karya sastra berupa prosa fiksi tanpa adanya imajinasi dari pembaca, tujuan cerita yang ingin disampaikan penulis tidaklah sampai pada pembaca. Imajinasi ini terbentuk dengan sendirinya saat pembaca membaca atau mengapresiasi sebuah cerita atau prosa fiksi. Hasil imajinasi pembaca berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Misalnya sosok tokoh yang ada di dalam cerita, latar ataupun suasana tempat yang digambarkan pengarang dalam sebuah cerita fiksi. Meskipun penggambaran imajinasi setiap pembaca berbeda namun tetaplah berkiblat pada alur cerita yang disampaikan. Dengan membaca sebuah prosa fiksi, pembaca juga bisa memperoleh pengalaman yang sebelumnya belum pernah dialami. Pembaca seolah dijak untuk merasakan kejadian dalam cerita yang disampaikan pengarang. Misalnya pembaca membaca sebuah prosa fiksi tentang perjalanan tokoh dalam cerita ketempat dimana pembaca belim pernah mendatanginya.Dengan informasi yang ada dalam cerita fiksi yang ditulis pengarang melalui perjalanan tokoh dalam cerita, pembaca merasa mendatangi tempat tersebut dan tahu tentang kebudayaa, kebiasaan dan letak tempat tersebut padahal pembaca belim pernah mendatanginya. Hal tersebut dikarenakan adanya permainan imajinasi pembaca yang dengan sendirinya muncul ketika sedang membaca karya prosa fiksi tergantung pada tingkat imajinasi masing-masing pembaca. Dengan kata lain, tujuan mengapresiasi prosa fiksi salah satunya adalah dapat menambah pengalaman dan memperkaya imajinasi.

2. Memperoleh nilai-nilai kehidupan dengan lebih bermakna
            Banyak nilai kehidupan yang disampaikan dalam cerita prosa fiksi,diantaranya dalah hubungan sosial antar masyarakat, ras, kelas sosial, dan gender. Tidak hanya kehidupan sosial saja, nilai kehidupan juga didapat dari penyampaian cerita dengan mengenai seluruh aspek kehidupan masyarakat, seperti: kepahlawanan, pendidikan, perekonomian, kebudayaan, kesehatan dan politik. Yang lebih ditekankan dalam tujuan mengapresiasi prosa fiksi dalam memperoleh nilai-nilai kehidupan lebih bermakna disini adalah, pembaca dapsat menilai atau mengapresiasi sebuah prosa fiksi yang didalamnya mengandung nilai-nilai kehidupan dengan lebih bermakna bukan hanya membaca, mengerti dan memahami makna kehidupan dari cerita yang disampaikan saja, namun juga dapat merealisasikan dalam kehidupan sosial yang sebenarnya dengan catatan mencontoh hal-hal yang positif. Disinilah peran terbesar seorang penulis dimana karyanya akan dibaca dan diapresiasikan banyak orang apakah berdampak positif ataupun negatif tergantung pada penulis. Tujuan apresiasi prosa fiksi di sini adalah untuk memperoleh nilai-nilai kehidupan dengan lebih bermakna dari cerita yang disampaikan penulis.

baca juga : Apresiasi Drama Monumen
                   Apresiasi Puisi Penerimaan
                   Hakikat Metode Pembelajaran   
           
3. Memperoleh kearifan kemanusiaan dengan lebih tebuka
            Tujuan yang terakhir dalam mengapresiasi prosa fiksi adalah memperoleh kearifan dengan lebih bermakna. Didalam sebuah karya sastra berupa prosa fiksi cerita yang disampaikan tentulah menagandung unsur kemanusiaan yaitu sesuatu yang berhubungan dengan sifat-sifat manusia sebagai manusia yang berkaitan dengan hati dan perasaan. Dengan kita membaca serta mengapresiasi prosa fiksi, kita dapat memperoleh kearifan kemanusiaan yang lebih terbuka. Menjadi manusia yang bijaksana dan terbuka itulah tujuan dari mengapresiasi prosa fiksi. Kita dapat lebih menerima dengan terbuka karya fiksi yang bermunculan dan dari cerita yang disampaikan kita juga dapat mengapresiasinya dengan lebih terbuka dengan memandang aspek-aspek kemanusiaan yang ada dalam cerita yang disampaikan. Dengan memahami isi cerita yang disampaikan pengarang, kita juga dapat memperoleh pandangan yang lebih luas serta kearifan kemanusiaan dengan lebih terbuka. Terbuka akan segala hal yang juga menyangkut masalah kemanusiaan dalam kehidupan bermasyarakat. Yang harus dipahami dalam mengapresiasi prosa fiksi adalah bagaimana cara kita memandang karya tersebut dan juga kita juga harus memilah karya yang bermanfaat bagi diri kita namun tetap selalu terbuka pada karya-karya lain meskipun tidak sesuai dengan apa yang kita rasa baik. Disinilah tujuan mengapresiasi prosa fiksi yaitu memperoleh kearifan kemanusiaan dengan lebih terbuka.
Previous
Next Post »
0 Komentar